Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Oleh Lantai Kayu Solid

Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Oleh Lantai Kayu Solid

Lantai kayu merupakan jenis lantai yang berbahan dasar kayu. Penggunaan lantai ini akan memberikan nuansa berbeda dari menggunakan lantai jenis lainnya. Ada 3 macam jenis dari lantai kayu ini, yaitu lantai kayu solid, lantai kayu laminated dan lantai kayu engineer. Setiap lantai kayutersebut memiliki keunggulan maupun kekurangan masing-masing. Dalam artikel ini kita akan membahas keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh lantai kayu solid.

Sebelum kita membahas tentang keunggulan dan kekurangan dari lantai kayu solid, mari kita simak pengertian lantai kayu solid. Lantai kayu solid adalah lantai yang terbuat secara utuh dari kayu keras yang memiliki desain atau motif serat kayu yang indah. Lantai jenis ini sering sekali diaplikasikan pada perumahan, maupun perhotelan karena lebih menonjolkan nuansa kemewahan dan keindahan pada permukaan lantainya.

Beberapa jenis kayu yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan lantai ini antara lain seperti kayu jati, kayu ulin, kayu bengkirai, kayu sonokeling dan jenis kayu keraas lainnya. Kayu kayu tersebut mengalami proses pemotongan dan pengerasan sehingga memiliki tingkat kekerasan yang hampir sama dengan batu.

Kembali pada topic awal, berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh lantai kayu solid.

  1. Penampilannya lebih indah, dan natural

Motif pada lantai kayu bukanlah motif buatan, malainkan motif asli yang berasal dari serat kayu. Dengan teknik khusus maka motif ini dapat ditimbulkan dan diawetkan sehingga akan menjadikan lantai Anda semakin indah dan menawan.

  1. Lebih awet dan tahan lama

Lantai ini juga lebih awet dan tahan lama, dan sebagai isolator yang sangat baik bagi kaki sehingga kaki Anda akan sangat nyaman saat menginjak di atas permukaannya, terutama saat cuaca dengan dingin.

  1. Perawatan yang sangat mudah

Siapa bilang lantai kayu ini sulit untuk dirawat? Kenyataannya lantai kayu ini sangat mudah sekali untuk dirawat. Anda hanya perlu membersihkan lantai ini dari debu dan kotoran. Untuk tampilan lebih maksimal Anda bisa mengoleskan wax agar kotoran tidak mudah melekat serta menjaga penampilan lantai menjadi tetap sempurna

Selain keunggulan tentu saja lantai ini memiliki kekurangan, seperti

  1. Harganya lebih mahal

JIka dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, harga lantai kayu ini lebih mahal, namun kemahalannya tersebut terbayar dengan kualitas dan seni yang sangat indah. Ini juga merupakan investasi yang sangat baik bagi rumah Anda.

  1. Kurang tahan terhadap cuaca ektreem

Cuaca yang sangat dingin atau sangat panas yang berganti secara cepat akan lebih mudah merusak lantai kayu ini. Namun Anda bisa melindungi lantai kayu ini dengan melapisinya menggunakan pernis atau wax, sehingga lantai ini lebih tahan terhadap cuaca extreme tersebut.

There are currently no comments.